Rabu, 19 November 2008

Apa Itu Internet

Secara sederhana bisa disebut bahwa internet adalah jaringan atau network komputer terbesar di muka bumi. Tanpa memandang arsitekturnya, semua komputer bisa saling berkomunikasi dengan menggunakan “bahasa” yang sama yang disebut Transmission Control Protocol / Internet Protocol ( TCP/ IP ). Mungkin sulit dipahami bahwa tidak ada perorangan, grup atau organisasi apapun yang menyelenggarakan jaringan global ini, atau lebih tepat dapat dikatakan bahwa tidak ada pusat manajemen internet.

Pada saat ini perkembangan jaringan internet nyaris tak terhitung dan tak terbendung dan memang tidak bisa dibendung. Jumlah website (dalam bahasa Indonesia diterjemahkan sebagai bilik informasi atau situs) pun meledak. Sebagai gambaran, ada sebuah search engine ( mesin pencari ) yang mampu mencari informasi dari dua milyar tujuh puluh tiga juta lebih halaman website dan itu dilakukan dalam hitungan mili detik.

Ada empat fasilitas utama di internet, yaitu : website, (situs), e-mail (surat elektronik ), search engine dan chatting ( dialog interaktif ). Dalam kenyatannya pengguna dan penggunaannya semakin beragam. Dari perbankan, perdagangan, pemerintahan, surat menyurat ( e-mail ), surat kabar, majalah, mencari / menjual barang, game, radio siaran, televisi, download lagu, telepon (voip), sampai pornografi, paranormal semua ada di internet.

Bayangkan apabila Anda dapat mengirim surat ke seluruh ujung dunia dalam hitungan detik dengan biaya kurang dari lima ribu Rupiah. (Semoga PT Pos Indonesia tidak bangkrut). Bayangkan juga anda dapat berdialog langsung secara tertulis dengan orang-orang dari 6 benua dan 3 samudera.

Cara Terhubung

• Koneksi Dial-Up

• Koneksi Kabel

• Jaringan Frekuensi Radio

• WLAN

• VSAT

• Cellular

Fasilitas Layanan Pada Internet

• Electronic Mail (E-mail)

• File Tranfer Protocol (FTP)

• Tele Networking (TelNet)

• User’s Network (UseNet)

• Webbrowser / World Wide Web (WWW)

• Internet Relay Chat (IRC)

• Internet Phone/Conference

• WAIS Server

• Gopher

• Mailing List

WEB MASTER

Apa Itu Webmaster?

Anda mungkin sudah ratusan kali membaca ataupun mendengar istilah webmaster. Orang-orang mungkin menggunakan istilah yang berbeda tentang profesi yang satu ini. Di antara mereka ada yang menggunakan istilah Web Designer, Web Developer, Web Administrator atau Web Programmer. Sebagian lainnya tak jarang mengaitkannya dengan title profesional spesifik seperti Web Guru, Web Creator.

Terdapat lusinan definisi tentang pekerjaan yang diasosiasikan dengan webmastering. Tetapi pada intinya Webmaster adalah seseorang (atau grup) yang bertanggung jawab untuk mengelola website dan menjaganya agar tetap dapat berjalan. Mengelola berarti melakukan pekerjaan membuat, mengupdate, dan mengembangkan program. Menjaga berarti membuatnya tetap eksis , bisa dinikmati pengunjung, terhindar dari kerusakan dan usaha pelanggaran, baik yang datang dari luar maupun dari dalam, apakah disebabkan kesalahan software atau karena pekerjaan manusia.

Kalau ditinjau dari deskripsi keahlian, webmaster dapat dikatakan seseorang yang:

  • Mahir dengan teknologi html, javascript, php, asp, cfm dan sebagainya.
  • Menguasai software pengolah web (dreamweaver, frontpage, desain grafis)
  • Dapat bekerja dengan beberapa sistem operasi (linux/bsd, windows)
  • Dapat bekerja dengan webserver (apache, IIS)
  • Efisien dalam management file dan site maintenance
  • Mampu memberikan informasi yang dibutuhkan enduser
  • Aktif melakukan pengarsipan dan record-record log
  • Memiliki skil menulis dan berpengalaman menggunakan aplikasi-aplikasi word processor.

Webmaster: Sebuah Tim Web

Apakah Anda mengira bahwa membangun website keluarga adalah sama dengan membangun website untuk perusahaan atau organisasi besar? Praduga anda keliru. Kenyataannya, website didirikan dalam skala yang berbeda-beda, di mana masing-masing menuntut kebutuhan yang berbeda pula.

Website keluarga, dan juga website-website skala kecil lainnya, untuk membangun dan merawat website mungkin cukup ditangani satu orang dengan frekuensi update satu bulan sekali. Namun website-website besar dan sibuk, seperti website perusahaan atau universitas-universitas, di mana mereka memiliki ribuan halaman web dan memerlukan updating perjam bahkan permenit ,kebutuhan menjadi jauh melebar. Mungkin setidaknya puluhan orang harus bekerja full-time secara bergilir.

Webmaster sebagai sebuah tim dapat terdiri dari:

  • Web architect
  • System administrator
  • Web programmer
  • Database administrator
  • Graphic designer
  • Html cutter
  • Content administrator
  • Trainer
  • Project manager

Web architect

Seperti halnya arsitek bangunan, web architect memegang peran penting pada perancangan dan struktur bagian-bagian website yang akan dibuat. Website menentukan sperti apa skema/hirarki link-link yang akan disuguhkan, layanan-layanan apa yang perlu diberikan ke publik. Orang ini hendaknya memiliki pengalaman bernavigasi di internet, terutama surfing ke situs-situs lain guna melakukan perbandingan dan evaluasi sehingga menemukan pola website yang sesuai dengan misi organisasi.

Seorang web architect boleh jadi tenaga sewaan dari konsultan IT. Ketika sebuah organisasi menyampaikan bahwa mereka ingin membuat website, web architect akan dapat memberikan nasehat website seperti apa yang mereka butuhkan. Setiap kategori situs mempunyai ciri khas tersendiri. Situs-situs e-commerce berbeda jauh dengan situs-situs kampus. Demikian pula situs-situs pemerintah tidak akan sama dengan situs-situs perusahaan entertainment.

Organisasi anda mungkin hanya akan webutuhkan web architect pada fase-fase awal pembuatan website. Namun begitu, bayaran mereka cukup tinggi. Ini dapat dimaklumi mengingat peran seorang “perancang” sangat menentukan pengembangan ke depan. Ingat bahwa perombakan website yang dikarekanakan salah strategi, hanya akan membuang-buang biaya.

System administrator

System administrator dikenal dengan sys-admin. Beberapa tugas utamanya: menginstal dan mensetup server, mengatur domain-domain (DNS), IP Address dan proxy, memonitor server dan jaringan internal, mengatur account dan password pada user, memanage email, mensetup security/firewall, mengupgrade kernel dan software, dan banyak tugas lain yang berhubungan dengan administrasi sistem dan jaringan.

Dalam konteks web development, sys-admin berperan menginstal, mengkonfigurasi dan merawat webserver, memeriksa log-log sistem secara berkala adalah suatu keharusan.

Kadang seorang sys-admin bekerja sedikit misterius. Dengan tampang kusut di depan notebook tua dan penuh abu rokok di sebuah motel terpencil, siapa pun tidak menyangka bahwa ia tengah berhadapan dengan sepuluh mesin server organisasi yang tersebar di berbagai kota, bahkan negara. Melalui koneksi remote (telnet), ia berpindah akses dari satu mesin ke mesin lain, menunaikan tugasnya sebagai seorang yang bertanggung jawab menjamin kelancaran operasional jaringan komputer organisasi.

Begitu berap tugas yang diembang Sysadmin. Jangan sekali-kali membuatnya kesal. Sysadmin termasuk orang yang mudah stress dan tak jarang melampiaskannya dengan memblok account email anda, atau paling tidak selama seminggu anda tidak bisa menikmati koleksi mp3 dari network lokal.

Setidaknya, sysadmin harus memiliki keahlian berikut: apache server, IIS, suiqd, BIND, qmail, solaris, linux/bsd, Win NT/Server, CiscoRouter, Samba, MRTG. Etc.

Web programmer

Bila kepala anda memiliki desain nalar jitu, jangan kepalang tanggung, melamarlah sebagai web programmer, posisi ini cocok bagi mereka yang daya tangkap logikanya encer. Seorang web programmer banyak berurusan dengan bahasa-bahasa pemrograman. Mengotak-atik kode-kode script adalah makanannya sehari-hari.

Berdasarkan pengalaman, tidak ada yang lebih ‘bikin hidup lebih amburadul’ selain menjadi seorang programmer. Anda bisa lupa waktu, betapa tidak, setiap hari anda akan dihadapkan pada sekeranjang pekerjaan programming yang menuntut penyelesaian singkat. Andalah yang berperan membuat dan mensetup layanan-layanan interaktif dalam lingkungan web, seperti merancang form aplikasi, guestbook, search engine, news publisher, discussion forum dan banyak lagi. Belum lagi bila tiba-tiba organisasi merancang sebuah program online baru untuk customer, misalnya layanan e-commerce. Web programmer yang akan paling sibuk dalam hal ini.

Mudah?

Jangan tanya gampang atau sulit, tetapi tanyakan apakah bos anda mengerti akan nilai dari kerja keras? Bekerja sebagai web programmer sama saja menguras otak untuk membuat software setiap hari. Tahukah anda berapa harga perunit software ‘kacang-goreng’ di pasaran? Sudah sepadankah dengan salary yang anda terima? Ada baiknya anda istirahat dulu bekerja, bercermin dan daripkan diri beberapa jenak, lalu pergi ke ruang bos dan beri ia pengertian tentang ini.

Untuk menjadi seorang web programmer, fokuskan hari-hari anda mempelajari PHP, CGI/Perl, Python, Javascript, Java, VBScript, ASP dan C/C++. Itulah beberapa aturan yang utama. Namun jangan terjun terlalu serius dalam bidang ini – satu atau dua tahun saja. Anda bisa error dan hanya akan menambah daftar manusia yang gatal untuk ‘menggerayangi’ server orang.

Database administrator

Posisi lainnya yang jug abagian dari webmaster adalah DBA atau Database Administrator. Orang ini mengemban tugas merancang, merawat dan mengupdate sistem-sistem database. Bahasa pemrograman yang ia geluti untuk keperluan tugasnya adalah SQL. Dengan perangkat ini DBA dapat menjaga struktur, security, arsip dan integritas database.

Mungkin tidak semua website membutuhkan DBA. Pada kebanyakan kasus, DBA dihadirkan untuk mendukung infrastruktur e-commerce, online forum, e-learning, e-campus dan sebagainya, untuk mengentri ribuan data ribuan user.

DBA bekerja sama dengan web programmer untuk menyuguhkan data-data yang terkumpul dalam format layanan direktor-direktori online yang mendukung searching, seperti product directory, people, dan sebagainya.

Kemampuan seorang DBA, harus menguasai MySQL, Microsoft SQL, Oracle, Sybase, Berkeley DB, Postgree.

Graphic designer

Graphic designer tidak lain juru gambar dan desain. Jiwa seni dan terampil mutlak harus mengalir dalam darah. Tidak hanya itu, anda juga harus memiliki kontrol emosi yang stabil, nyentrik dan dewasa dalam mengungkapkan opini ke bentuk visual. Seorang graphic designer dituntut memiliki seribu sudut pandang tentang sebuah objek. Berusaha membuat mata takjub adalah ambisi yang harus selalu menggelora. Untuk menjadi seorang graphic designer anda harus punya cita dan rasa.

Produk dari graphic designer dapat langsung dinikmati pengunjung. Begitu browser web me-load halaman, serta merta puluhan image (gambar), plugin dan animasi menyelimuti pandangan. Itu semua hasil kerja graphic designer.

Adobe photoshop, Illustrator, GraphicConverter, Flash, Fireworks, merupakan perangkat perang wajib dari seorang graphic designer, dan masih banyak lainnya.

Html cutter

HTML cutter adalah partner dekat graphic designer, web programmer dan DBA. Bila graphic designer membuat image-image dan animasi, maka html cutter merancang layout halaman web itu melalui kode-kode html; menulkis teks, menyisipkan image dan animasi di antara teks, memberi link untuk teks dan image tertentu, membuat tabel-tabel untuk membatasi bagian satu dengan bagian lain, menset frame, mengkoneksikan form-form dengan script-script dinamis yang dibuat programmer, mengkoneksikan form-form dengan sistem database yang dikelola DBA, dan sebagainya.

HTML cutter boleh dibilang level dasar dari webmaster, kebanyakan webmaster bermula dari sini. Untuk bekerja pada posisi ini, setidaknya anda perlu berlatih macromedia dreamweaver, MS FrontPage, Javascript atau notepad.

Content administrator

Content administrator merupakan bagian dari chief editor dalam lingkup website. Organisasi-organisasi besar wajib memiliki bila website mereka ingin senantiasa diburu pengunjung. Content administrator harus tahu kemana arah pasar, apa yang sedang in dan dimintai netter, objek mana yang memiliki nilai jual, dan mana yang bikin sial.

Saat menjalankan tugasnya. Content administrator bergandengan tangan dengan html cutter dalam merancang dan menyuguhkan content web sebaik mungkin.

Content administrator mungkin lebih cocok bagi mereka yang memiliki background librarian (ahli perpustakaan) atau periset. Pengalaman di bidang jurnalis bisa menjadi nilai plus.

Trainer

Meskipun pada dasarnya personil-personil webmaster sudah memiliki keahlian yang memadai di bidang masing-masing, namun hal itu bukan berarti mereka tidak lagi membutuhkan bimbingan atau pembelajaran. Para webmaster adalah manusia-manusia yang sibuk dengan tugasnya. Hanya ada sedikit waktu yang bisa mereka pakai untuk mempelajari hal-hal baru, padahal teknologi web (pada khususnya berkembang demikian pesat).

Untuk tetap kompetitif dan mampu memenuhi tuntutan tersebut, maka keberadaan seseorang yang dapat membantu memberikan pencerahan terhadap staf webmaster sangat diperlukan. Di sinilah peran dari seorang trainer.

Trainer hendaknya aktif mengikuti isu-isu teknologi web terbaru (security hole, feature, bugs, dll) baik bergabung dengan para milis, forum, news group, seminar dan sebagainya.

Project manager

Project manager adalah Bos. Sebagaimana layaknya seorang pemimpin, ia adalah pengendali tim. Ibarat sebuah jaringan komputer, project manager berperan sebagai firewall di antara tim web dengan ribuan klien. Project manager harus peka terhadap respon yang masuk, bersikap bijaksana dan cerdas dalam mengambil keputusan. Latar belakang project manager mungkin lebih tepat dari disiplin manajemen dibanding web technical.

Tidak ada komentar: