Senin, 10 Maret 2008

Tulisan : Pemansan Global

Tidak terasa bumi makin lama makin panas. Suhu permukaan bumi akan naik karena peningkatan emisi karbon dioksida serta gas-gas lain yang dikenal sebagai gas rumah kaca yang menyelimuti bumi dan merangkap panas.

Saudara-saudara sekalian, seperti yang kita ketahui, Bumi sudah mulai kehilangan kemampuan “mendinginkan“ diri sendiri. Gas yang diproduksi mobil dan industri, serta makin langkanya hutan sebagai penyerap karbon, membuat panas terperangkap.

Persoalannya makin runyam, teman-teman. Bukan hanya berkeringat saja, tapi kalau dibiarkan berlanjut, bisa-bisa kota di dekat pantai tenggelam karena lapisan es meleleh! Akibatnya sangat luas. Industri perikanan bisa mati, panen kacau, iklim tidak terprediksi, penambangan lepas pantai hilang dan orang-orang tepi pantai kehilangan rumah. Di Jakarta, abrasi pantai sudah menggila. Beberapa puluh tahun ke depan jika kenaikan air laut terus terjadi dengan kecepatan yang sama, sebagian Jakarta bisa hilang dari peta.

Indonesia, tempat tinggal kita, ternyata merupakan kontributor ketiga terbesar buat gas-gas yang menangkap panas itu. Hal ini disebabkan, satu, banyak sekali penebangan hutan yang terjadi. Kedua, emisi buangan kendaraan, industri dan rumah tangga yang tidak terkontrol. Kita bisa menanggulangi bahaya pemanasan global dengan cara menghilangkan budaya boros. Mulailah dengan diri sendiri dengan memakai listrik seminimal mungkin. Kita juga bisa melakukan penghijauan di rumah atau di sekolah. Hal itu bisa mengurangi polusi.

Maka dari itu itu, berubahlah! Ayo kita buat Bumi kita ini menjadi lebih baik. Karena Bumi makin lama makin panas, ayo berusaha dan berantas!

Akhir kata, demikianlah yang dapat saya sampaikan pada kesempatan ini. Mohon maaf jika ada perkataan yang kurang berkenan. Sekian dan terima kasih.

Pemanasan global sudah bukan menjadi isu lagi saat ini, pemanasan global sudah menjadi masalah yang harus kita hadapi atau kita pecahkan bersama. Jadi marilah kita mulai bersama-sama gaya hidup yang ramah lingkungan dari kita sendiri dan mulailah perkenalkanlah gaya hidup ini pada orang-orang yang paling dekat dengan kita seperti keluarga, pacar, teman dan tetangga kalau bisa.

Pemanasan global adalah kejadian meningkatnya temperatur rata-rata atmosfer, laut dan daratan Bumi. Planet Bumi telah menghangat (dan juga mendingin) berkali-kali selama 4,65 milyar tahun sejarahnya. Pada saat ini, Bumi menghadapi pemanasan yang cepat, yang oleh para ilmuan dianggap disebabkan aktifitas manusia. Penyebab utama pemanasan ini adalah pembakaran bahan bakar fosil, seperti batu bara, minyak bumi, dan gas alam, yang melepas karbondioksida dan gas-gas lainnya yang dikenal sebagai gas rumah kaca ke atmosfer. Ketika atmosfer semakin kaya akan gas-gas rumah kaca ini, ia semakin menjadi insulator yang menahan lebih banyak panas dari Matahari yang dipancarkan ke Bumi (sumber dari Wikipedia). Jadi sih intinya Bumi kita tuh memanas karena sinar matahari yang sudah masuk ke bumi kita tidak bisa keluar lagi karena gas-gas rumah kaca tadi membentuk lapisan di atmosfer yang memantulkan sinar matahari tadi (kalau mau baca lebih lengkap

Tidak ada komentar: